Tak Hanya Di Cibulan, Di Balong Keramat Darmaloka Juga Ada Ikan Dewa

Balong Keramat Darmaloka. Balong Kramat Darmaloka adalah sebuah danau atau lebih tepatnya sebuah kolam berukuran besar. Darmaloka dipercaya sebagai peninggalan dari para Walisongo yang menyebarkan Islam di wilayah itu. Darmaloka terletak di kecamatan Darma kabupaten Kuningan. Berada di sekitar jalur Cirebon – Kuningan – Ciamis. Jarak dari Kuningan adalah sejauh 13,5 km dan 48 Km jika dari arah Cirebon. Walisongo konon memerintahkan Syekh Rama Gusti untuk menyebarkan Islam di wilayah ini. Di area Balong Darmaloka juga terdapat Makam dari Syekh Rama Gusti. Selain itu terdapat beberapa makam lain, yaitu makam penari rongeng Sari Kuning – Sari Kembang, Makam Salisingan dan makam Mbok Bukit.

Letak beberapa makam tersebut terpisah satu dan lainnya. Balong Keramat Darmaloka bukan hanya satu. Terdapat beberapa bagian di kawasan ini, diantaranya : Balong Ageung, Balong Bangsal,Balong Beunteur, Bale Kambang, Sumber Air Cibinuang. Selain beberapa Balong atau kolam yang ada di Balong Keramat Darmaloka, disini juga terdapat Ikan Kancra Bodas atau lebih dikenal luas dengan sebutan Ikan Dewa. Ikan dewa memang biasa dijumpai di tempat yang dikeramatkan di wilayah pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Namun tak hanya bisa dijumpai di Indonesia saja. Ikan Dewa ini juga dapat dijumpai di wilayah Thailand dan Vietnam.

Sebagaimana Ikan Dewa yang berada di Objek Wisata Cibulan, Ikan Dewa disini juga mempunyai mitos yang sama. Konon barang siapa yang membunuh atau memakan Ikan Dewa ini akan ditimpa kesialan. Kabarnya, ikan dewa ini dapat mencapai bobot hingga 15 kg dengan pancang mencapai 75 cm. Balong Keramat Darmaloka yang dihiasi pepohonan berimbun memang cocok dipakai sebagai tempat meditasi atau tirakat. Beberapa pengunjung juga ada yang melakukan ritual mandi di malam Jum’at Kliwon. Ritual mandi ini dilakukan di sumur yang ada di sebelah ujung kiri belakang. Biasanya dilakukan pada pukul 12 malam hingga pukul 03 dini hari. Sumur ini konon juga dahulu sering dipakai oleh Walisongo untuk mandi. Selain untuk melakukan ritual mandi, pada malam Jum’at juga banyak pengunjung yang datang untuk ngalap berkah.

Baca Juga Artikel ini :  Pesona Wisata Telaga Biru Cicerem Majalengka

Jadi bagi pengunjung yang ingin melihat Ikan Dewa selain di Objek Wisata Cibulan, bisa juga datang ke Balong Keramat Darmaloka ini sekaligus berwisata religi ke salah satu tokoh penyebar Agama Islam yang ada di Kuningan.

(Visited 237 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *