Petilasan Prabu Siliwangi daerah Majalengka

Wisata Religi Petilasan Prabu Siliwangi Kab. Majalengka

 

Hai Untuk para Traveler yg suka wisata Religi Nih.

Apabila anda tertarik dengan wisata religi atau mistik dan ingin merasakan sensasi liburan ke tempat wisata, maka anda bisa berkunjung ke salah satu lokasi  wisata sejarah yang ada di kota majalengka yatu Patilasan Prabu Siliwangi.

Makam Prabu Siliwangi di Majalengka adalah sebuah tempat yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan wisata dan belajar mengenai sejarah dari kerajaan Padjajaran. Di tempat tersebut kini telah dijadikan sebagai salah satu obyek wisata. Mulai dari wisata alam, ziarah dan berbagai obyek lainnya bisa dinikmati di sana. Prabu Siliwangi ialah seorang Raja yang terbesar yang pernah memimpin Kerajaan Padjajaran.

Sehingga masyarakat Sunda percaya bahwa apapun yang ada keterkaitan dengan Prabu Siliwangi dianggap memiliki kesaktian. Di dalam lingkungan makam tersebut terdapat berbagai hal yang merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi. Petilasan terebut berada di Desa Pajajar, Rajagaluh Majalengka.

Disini namanya tempat persanggahan prabu siliwangi,persanggahan ini juga dulunya tempat peristirahatannya  para raja-raja yang bukan hanya prabu siliwangi tapi raja-raja dari kerajaan pajajaran dan gabung sama sunda yang sangat turun menurun yang mungkin dijadikan sebagai tempat peristirahatan sampai masuknya prabu siliwangi dan akhirnya dinamakan persanggahan prabu siliwangi.

Disini ada tempat leluhu kita, namanya kitanas para sesepuh kita Cirebon,Sumedang, ataupun Banten. Itu adalah keturunan dari prabu siliwangi disebut juga sebagai sesepuh kiyai para aulia para wali-wali Allah. dan banyak yang datang untuk ziarah ke persanggahan  ini tetapi tidak memungkiri dari luar jawa pun ada yang datang kesini.

Asal muasal dulunya yatadi tempat persenggahan para raja-raja dibangun semasa masanya prabu cimuana dan turun menurun sekitar 500 tahun dari masa prabu siliwangi sendiri. Sangat turun menurun diruskan dan dijaga.

Dan istilahnya dipakai keturunannya dari prabu cimuana sampai prabu siliwangi setelah ditinggalkan maka di jaga dan diraksa oleh orang-orang keturunannya atau pengikutnya prabu siliwangi  yang akhirnya orang-orang sendiri yang merawat dan menakawakal desa pejajar ini , Karna dulunya tempat peristirahatanya para raja disini ada juga dua tempat pemandian yang disebelah timur namanya talaga sanghiyang pancuran dan yang disebah barat namanya sanghiyang talaga mas, yang dulunya tempat-tempat pemandian para raja dan putri-putrinya. Yang talaga pancuran biasanya tempat mandinya prabu siliwangi dan talaga mas biasanya tempat mandinya para putri-putrinya.

.Sanghyang Telaga Pancuran adalah nama mata air yang terletak di sebelah timr cungkup makom keramat prabu siliwangi. Sebelumnya sumber mata air ini tempat keluar dari bawah batu besar di komplek tersebut. Seiring penempatan sumber mata air ini, batu tersebut seolah olah terpisah dari mata air.

Sanghyang Telaga Mas adalah nama mata air yang terletak disebelah barat makom. Mata air ini pun tak kalah dengan telaga pancuran dimana airnya tak pernah surut walau kemarau panjang sekalipun.

Nah Di sekitar petilasan Prabu Siliwangi, pengunjung akan disuguhi pemandangan telaga dan hutan yang lebat. Pengunjung bisa mandi di sekitar petilasan Prabu Siliwangi sebelum masuk ke lokasi Batu Petilasan. Airnya sangat jernih dan dingin sehingga bisa melancarkan peredaran darah.

Patilasan ini dijaga oleh kuncen, dan banyak pula penziarah yang datang. Identik dengan Prabu Siliwangi, di wisata ini juga terdapat patung  Maung atau Harimau. tempat untuk ziarah lainnya adalah pancuran Cikahuripan atau Pancuran selendang widadari. Tempat ini merupakan tempat pemandian untuk para penziarah patilasan Prabu Siliwangi.

 

 

Dan Untuk Transportasi Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Obyek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi di Rajagaluh Majalengka Jawa barat dengan memakai kendaraan  pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Obyek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi di Rajagaluh Majalengka Jawa barat di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Demikian Kilas Cerita ari kami Travelngcirebon.com

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *