Ghatering Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI at Cirebon – Kuningan 2D1N

Traveling Cirebon – Sabtu, 18 Februari 2017 sebanyak 35 orang dari Staff Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI mengadakan Ghatering di Cirebon dan Kuningan selama 2 Hari 1 malam. Mereka berangkat dari Cirebon pukul 07.00 WIB dengan menggunakan bus Big Bird. Tepat pukul 11.00 mereka sampai di Cirebon dan langsung menuju ke Rumah Makan Empal Gentong Hj. Dian untuk mengisi perut yang sudah keroncongan, hehe.

Setelah selesai menyantap empal gentong dan empal asem, kami menuju ke obyek wisata Goa Sunyaragi. Disana mereka terlihat asyik mengitar goa-goa yang ada disana dan tidak lupa pula mengabadikan dengan kamera. Kunjungan ke Goa Sunyaragi ini ditutup dengan sholat Dhuhur di Musholla yang ada di obyek wisata tersebut.

Goa Sunyaragi

Lalu perjalanan kami lanjutkan kembali, tujuan berikutnya adalah obyek wisata Gedung Perundingan Linggarjati yang terletak di Desa Linggajati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Di Gedung Linggarjati para peserta yang terdiri dari Ibu dan Bapak Dokter sangat antusias mendengarkan cerita sejarah tentang saksi sejarah perundingan antara Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda Pasca Kemerdekaan tersebut.

Cukup lama mengitari Gedung Linggarjati, tidak terasa perut kembali minta untuk diisi. Lalu kami menuju ke RM. Alinda untuk makan dengan menu Nasi Timbel Komplit. Selesai makan kami menuju ke Toko oleh-oleh khas Kuningan untuk berbelanja. Selesai berbelanja kami istirahat dan santai di saung-saung yang tidak jauh dari Toko oleh-oleh tersebut sambil menunggu adzan maghrib.

Gedung Linggarjati

Setelah melaksanakan sholat maghrib kami bersiap-siap menuju ke RM. Kelapa Manis untuk makan malam sembari menikmati pemandangan Kota Cirebon dari ketinggian Bukit Gronggong. Di Rumah Makan tersebut setiap malam Minggu ada live musik menambah suasana semakin romantis. Ada beberapa peserta Tour yang ikut menyumbangkan lagu dan bernyanyi bersama.

Baca Juga Artikel ini :  Cirebon Fun Trip 2016 Alumni SMP 9 Pejompongan Jakarta 14 Legend 40

Selesai makan malam, tibalah saatnya menuju ke Hotel untuk istirahat. Ibu-ibu dan Bapak-bapak Dokter terlihat kelelahan setelah seharian beraktivitas. Selamat beristirahat Ibu dan Bapak Dokter, besok kita akan melanjutkan kembali Perjalanan Wisata ini.

Hari Kedua – Minggu, 19 Februari 2017

Tepat pukul 09.00 WIB kami sudah berkumpul di Loby Hotel untuk bersiap-siap melanjutkan kembali perjalanan wisata ini. Dan tujuan pertama adalah mengunjungi Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan adalah salah satu dari 4 Keraton yang ada di Cirebon, dan merupakan Keraton tertua atau sepuh.

Di sana kami di pandu oleh Lokal Guide untuk mengelilingi kompleks keraton sambil menceritakan tentang sejarah yang ada di Keraton Kasepuhan. Tidak lupa pula kami dokumentasikan dengan kamera spot-spot indah yang ada disana.

Keraton Kasepuhan

Tidak terasa hampir dua jam kami mengitari kompleks Keraton Kasepuhan dan tujuan selanjutnya adalah Belanja oleh-oleh Khas Cirebon. Di Toko oleh-oleh para peserta Tour nampak asyik memilih beberapa makanan dan jajanan khas Cirebon untuk di bawa ke rumah.

Selesai belanja oleh-oleh, kami menuju ke Rumah Makan Nasi Jamblang Cirebon untuk menyantap makan siang. Jika Anda ke Cirebon tidak menikmati Nasi Jamblang, rasanya ada yang kurang. Banyak para wisatawan yang sengaja datang ke Cirebon hanya untuk menikmati Nasi Jamblang langsung dari Kota asalnya.

Setelah mengisi perut, lalu kami menuju ke Masjid Raya Attaqwa untuk menunaikan sholat Dhuhur. Masjid Raya Attaqwa adalah masjid terbesar dan menjadi kebanggaan Kota Cirebon. Di depan masjid juga terdapat alun-alun yang biasa digunakan untuk berbagai acara event di Cirebon.

Finally, tujuan terakhir adalah berkunjung ke Kampung Batik Trusmi. Apalagi kalau bukan untuk berburu batik. Wisata belanja di kampung Batik Trusmi memang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Cirebon, apalagi bagi ibu-ibu yang doyan belanja hehe.

Baca Juga Artikel ini :  Wisata Sejarah dan Religi Cirebon Keluarga Besar Hafiz Al Farizi Jakarta

Bus Pariwisata Cirebon

Tepat pukul 16.00 WIB semua rombongan sudah berkumpul kembali ke bus. Dengan berakhirnya wisata belanja ini, berakhir pula perjalanan Wisata Cirebon 2 hari 1 malam ini. Saatnya kembali ke Jakarta dengan membawa kenangan yang tidak terlupakan. Selamat jalan rombongan staf Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, hati-hati di jalan dan semoga kita bisa berjumpa kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Traveling Cirebon TOUR & TRAVEL