Keindahan Tersembunyi Waduk Situ Sedong

Misteri dan Sejarah Waduk Situ Sedong 

Situ Sedong. Berupa danau buatan (waduk) yang cukup indah sebagai lokasi liburan, terutama jika anda hobi memancing dan fotografi panorama. Jaraknya dari pusat kota Cirebon sekitar 26 KM. Sehingga menjelang sore, banyak fotografer yang menanti sunset di sekitar danau ini. Sebenarnya tempat wisata ini tidak terlalu luas. Anda jangan membayangkan Situ Sedong memiliki akomodasi memadai seperti halnya yang ada disitu Cileunca Pangalengan. Obyek ini masih sangat alami dan pihak pemerintah setempat berharap ada investor yang berperan membangun kawasan Situ Sedong ini.

waduk darma
Sumber : Fathihakatsuki.blogspot.com

“Matahari perlahan menyelusup dibalik sisi Gunung Ciremai dan disambut dengan warna langit yang berubah dari warna jingga semakin lama semakin kelabu menyambut malam.”

Situ Sedong. Sebagaimana situ atau waduk pada umumnya, Situ Sedong merupakan danau buatan yang terletak ( alamat )di wilayah kecamatan Sedong kabupaten Cirebon. Situ atau waduk ini selesai dibangun pada tahun 1918 pada masa penjajahan Belanda dan mulai di genangi air tahun 1921. Awalnya situ ini berfungsi sebagai pengairan perkebunan tebu pabrik gula Sindanglaut. Kini, Situ Sedong masuk ke dalam 3 wilayah, yaitu desa Karangwuni, desa Sedong Lor dan desa Panongan kecamatan Sedong. Situ yang berada pada ketinggian ± 300 mdpl (meter dari permukaan laut) ini memiliki luas sekitar 150 Ha dengan kedalaman 5-10 meter. Lagi-lagi Situ Sedong ini adalah sebagai salah satu destinasi memancing gratis bagi masyarakat. Terdapat banyak ikan disitu ini, sehingga tidak hanya untuk sekedar berekreasi menikmati pemandangan, tapi juga bisa sambil memancing juga.

Situ Sedong yang awalnya berfungsi sebagai pengairan perkebunan tebu, kini berfungsi juga sebagai aliran irigasi. Danau buatan ini dapat menampung air dengan debit yang cukup banyak bahkan pada musim hujan debit air sangat banyak. Kini Situ Sedong juga berfungsi sebagai wahana rekreasi air. Terdapat sepeda air ditempat air yang bisa disewa oleh pengunjung untuk dapat menikmati danau buatan ini. Selain wisata air dan wisata memancing yang seperti dibahas diawal, di Situ Sedong ini terkenal dengan pemandangannya yang indah. Pengunjung dapat mengelilingi area danau untuk menikmati pemandangan yang disajikan dari berbagai sudut. Pada salah satu sudut terdapat pemandangan Gunung Ciremai dari kejauhan yang gagah berdiri.

Baca Juga Artikel ini :  Sisi Lain Keraton Kanoman

Sementara di sudut lain pada sore hari kita dapat menikmati matahari yang terbenam seolah perlahan bersembunyi di balik pegunungan. Selain itu pantulan cahaya matahari sore berwarna jingga menjadi keindahan lain yang terdapat di Situ Sedong yang juga dahulu disebut Situ Pengasinan. Bagi yang hendak mengunjungi Situ Sedong dan ingin menikmati sunset, tentu harus datang pada sore hari. Kelebihan datang pada sore hari, selain dapat menikmati sunset dan pantulan cahaya jingga di danau, pada sore hari suhu udara tidak begitu panas sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam menikmati suasana senja. Karena sunset di Situ Sedong ini akan menampilkan pemandangan yang amat indah. Matahari perlahan menyelusup dibalik sisi Gunung Ciremai dan disambut dengan warna langit yang berubah dari warna jingga semakin lama semakin kelabu menyambut malam.

 

(Visited 58 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *