Pantai Kejawanan Sangat Menarik dikunjungi

Pesona Keindahan Sunrise di Pantai Kejawanan 

Pantai Kejawanan. Obyek wisata yang ditata apik walau terkesan sederhana ini sering didatangi masyarakat menjelang sore hari. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan Waterland Cirebon, yaitu Ade Irma Suryani. Biasanya pengunjung menyewa perahu karet yang tersedia di wilayah ini dengan tarif Rp. 20.000. Jika anda ingin melepas penat sambil merasakan desiran angin pantai yang lembut menerpa wajah, ntai Kejawanan adalah salah satu tempat yang direkomendasikan.

Pantai Kejawanan memang tidak se-istimewa pantai yang ada di Bali atau Lombok atau bahkan Raja Ampat. Tapi Pantai Kejawanan telah memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat khususnya warga Cirebon

Cirebon sesuai namanya bisa diterjemahkan secara bebas sebagai “perairan yang terdapat banyak ikan rebon (udang kecil)”. Cirebon bersal dari kata Ci yang dalam bahasa sunda artinya air dan Rebon yang berarti rebon atau jenis udang kecil. Secara fakta memang di Cirebon banyak terdapat udang rebon. Cirebon yang dikenal sebagai kota pesisir tentu tak lepas dari yang namanya pantai. Salah satu objek wisata pantai yang ada di Cirebon adalah Pantai Kejawanan. Pantai Kejawanan terletak didekat Pelabuhan Cirebon dan Pantai Ade Irma, Sekarang Ade Irma Waterland. Pantai Kejawanan ini merupakan tempat wisata yang murah meriah. Bagaimana tidak, untuk memasuki kawasan ini pengunjung hanya perlu membayar Rp. 1000,- per orang. Ditambah jika yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir oleh warga setempat di sekitaran dekat pantai.

Pantai Kejawanan adalah tempat yang cukup diminati oleh warga khususnya warga Cirebon. Pantai ini tak hanya menjadi wahana rekreasi warga. Tapi juga sekaligus bisa menjadi tempat wisata memancing bagi warga yang tertarik dan memiliki hobi memancing. Karena di area pantai terdapat dermaga tempat kapal dari yang berukuran kecil sampai sedang bersandar dan bisa digunakan untuk memancing ikan. Selain itu terdapat dermaga yang terdapat dari tumpukan batu yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk memancing atau sekedar berjalan menikmati pantai. Tak jarang ada pedagang keliling yang menjajakan makanan ringan dan minuman hangat yang biasanya sangat diminati oleh para pemancing. Sambil memancing sambil ngopi-ngopi di pantai itu memang sunguh mengasyikkan.

Baca Juga Artikel ini :  Jelajah Wisata Cirebon Kuningan Jelita Cikeas Selama 3 hari 2 Malam

Bagi yang kurang puas memancing di dermaga bisa menyewa kapal nelayan untuk diantar keliling laut selama seharian untuk mancing atau berhenti di bagang-bagang yang telah disediakan untuk kemudian nanti akan dijemput sore harinya. Cukup dulu untuk wisata memancing. Selain untuk memancing, tentu di pantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Pengunjung bisa bermain air karena ombak di Pantai Kejawanan relative aman untuk berenang. Selain itu, pengunjung bisa juga menyewa perahu karet untuk bermain air. Untuk yang ingin bermain pasir, tentu harus tahu dulu kapan waktu-waktu yang tepat. Kapan waktu air sedang pasang atau air sedang surut. Waktu yang tepat untuk mendatangi lokasi ini ialah pada saat sore hari sampai petang. Karena matahari sudah condong ke barat sehingga tidak terlalu panas. Sementara selalu ada hembusan angina yang menyejukkan.

Tapi ketika waktu maghrib telah tiba, kami sarankan untuk segera meninggalkan tempat ini. Ini kaitannya bukan mistis, tapi ketika hari sudah gelap, mendadak aka nada banyak nyamuk yang mengganggu. Padahal suasana malam di pantai ini tidak kalah mengasyikkan. Sayangnya kita tidak bisa menikmati sunset di pantai ini karena pantai yang tidak menghadap arah barat. Tapi sebagai gantinya kita bisa menikmati sunrise di pantai ini. Bagi yang ingin menikmati sunrise dipantai ini, kami sarankan untuk datang pada pagi hari sekitar pukul 05:00-07:00 WIB. Pantai Kejawanan memang tidak se-istimewa pantai yang ada di Bali atau Lombok atau bahkan Raja Ampat. Tapi Pantai Kejawanan telah memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat khususnya warga Cirebon.

(Visited 202 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *