Cirebon kedatangan Rombongan Pendoa Serua Group Jakarta

Traveling Cirebon – Kamis, 28 Juli 2016 kami kedatangan tamu dari Rombongan Pendoa Serua Group Jakarta. Mereka berjumlah 26 orang yang sebagian besar terdiri dari Ibu-ibu. Mereka berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Kereta Cirebon Ekspress dan tepat pukul 09.45 tiba di Stasiun Cirebon. Sesampai di Cirebon rombongan langsung kami ajak untuk sarapan di RM Nasi Jamblang Ibu Nur. Nasi Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi.

Pendoa-Serua-Group-17Setelah cukup puas menikmati makanan khas Cirebon, rombongan menuju ke Keraton Kesepuhan. Walaupun cuaca saat itu cukup panas, tapi tidak menyurutkan mereka untuk mengelilingi komplek Keraton Kesepuhan. Disana mereka nampak antusias mendengarkan cerita sejarah yang dipaparkan oleh Guide. Dan sempat terjadi tanya jawab bagaikan Study Tour anak-anak sekolah, Hehehe.

Pendoa-Serua-Group-9

Dari Keraton Kesepuhan kami bertolak ke Rumah Kerang Multi Dimensi yang ada di Desa Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Multi Dimensi merupakan salah satu pengrajin kerang yang terkenal  di Kabupaten Cirebon. Hasil kerajinan kerang seperti kursi, meja, lampu dan masih banyak bentuk lainnya telah di ekspor ke berbagai manca negara.

Pendoa-Serua-Group-15

Lalu kami melanjutkan perjalanan ke Batik Trusmi, Pusat grosir batik terbesar dan terlengkap di Cirebon. Kunjungan Wisata di Batik Trusmi ini cukup memakan waktu banyak, maklum karena sebagian besar peserta ibu-ibu jadi semuanya maniak belanja. Apalagi koleksi batik disini lengkap dan murah.

Tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB dan kami belum sempat makan siang karena keasyikan belanja. Dengan berat hati kami infokan ke Rombongan untuk menyudahi wisata belanja ini karena waktu tidak memungkinkan. Tujuan kami selanjutnya adalah wisata kuliner di Rumah Makan Empal Gentong Hj. Dian, alhasil makan siang menjadi makan sore pun tidak masalah, hehehe.

Pendoa-Serua-Group-20

Setelah kenyang menikmati wisata kuliner, kami kembali melanjutkan wisata belanja. Tujuan kali ini adalah Toko Pangestu, pusat oleh-oleh khas Cirebon yang cukup lengkap. Disitu para wisatawan belanja cukup banyak, mungkin sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jam sudah menunjukkan pukul 18.00 WIB, waktu berjalan begitu cepat dan tidak terasa City Tour Cirebon Full Day ini hampir berakhir. Kini saatnya kita menuju ke Stasiun Cirebon untuk kembali pulang ke Jakarta dan membawa kenangan perjalanan wisata ini sendiri-sendiri. Selamat jalan Rombongan Pendoa Serua Group, sampai jumpa kembali di Cirebon. Dan semoga perjalanan wisata ini menyenangkan dan bisa melupakan sejenak kepenatan kegiatan sehari-hari.