Yuk Hunting Tempat Keren Traveling di Cirebon

Kalau Anda Ngaku Pecinta Traveling, Kapan Berkunjung Tempat Wisata Cirebon Dengan Budget Backpacker Akhir Tahun 

 

Coba apa yang  Anda Fikirkan Dalam Hayalan mendengar Kota Cirebon ? Mungkin kalian membayangkan tentang keraton dan kHas internasional tentang Batik nya.  Mungkin Kamu Sudah Mendengar Tentang Keraton Kesepuhan Dan Kanoman. Berikut tentang Keraton Kesepuhan yg Sudah Dikunjungi Oleh Wisatawan Dari Dalan Negri.

 

Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon, Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah Di Cirebon. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya, Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta,Disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.

tempat wisata keraton kasepuhan
asyiknya berfoto di wisata cirebon keraton kasepuhan

 

Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan.Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut. Saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih.Di dalamnya terdapat ruang tamu,ruang tidur dan singgasana raja.dan Kamipun menjelaskan dan memperkenalkan Peninggalan Kerajaan di Cirebon.

 

Keraton Kasepuhan didirikan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun1506. Ia bersemayam di dalem Agung Pakungwati Cirebon. Keraton Kasepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati, sedangkan Pangeran Mas Mochammad Arifin bergelarPanembahan Pakungwati I. Sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Ia wafat pada tahun1549 dalam Mesjid Agung Sang Cipta Rasa dalam usia yang sangat tua.

 

Nama beliau diabadikan dan dimuliakan oleh nasab Sunan Gunung Jati sebagai nama Keraton yaitu Keraton Pakungwati yang sekarang bernama Keraton Kasepuhan. Makanya guys apa kalian masi belum penasaran nih hanya dengan membaca dan elihat foto – fotonya saja . Coba Tengok Wujud asli dan kalian Liahat Sendiri Supaya wawasan kalian lebih Luas.
jika berwisata di Keraton Kasepuhan, Cirebon, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

 

Berikut 4 tempat yang bisa dilakukan ketika berwisata di Keraton Kasepuhan Loh

 

1. Mengunjungi Bangsal Keraton Kasepuhan
Di sana wisatawan bisa melihat aneka ornamen-ornamen bangsal yang memiliki ukiran-ukiran dengan warna hijau dan lampu kristal di tengah.Selain itu, keramik-keramik Belanda dan China juga menempel pada dinding-dinding ruangan. Keraton Kasepuhan Cirebon adalah bangunan peninggalan China, Islam, dan juga Belanda yang bisa kalian lihat.

2. Melihat peninggalan benda-benda kuno
Peninggalan benda-benda kesultanan seperti tempat abu rokok Sultan Sepuh XI, meriam dari Portugis, peti dari China, peti jamu, gelas-gelas dari zaman VOC, dan aneka peninggalan benda kuno lain.

3. Melihat kereta Kesultanan Cirebon
Tepat berada di seberang Museum Benda Kuno, ada koleksi yang tak boleh dilewatkan untuk dilihat. Koleksi itu adalah Kereta Singa Barong atw di sebut kereta paksima nagalima

4. Mencuci muka di Sumur Agung Kasepuhan Cirebon
Tempat yang biasa dikunjungi ketika berada Keraton Kasepuhan adalah Sumur Agung yang konon kepercaya an Bisa membuat wibawa kita makin terlihat.

 

Berikut Ini tentang Goa Sunyaragi yang Punya keunikan Bentuk dan Sejarahnya Apakah Kalian Sudah Berkunjung Kesisni.

 

Sejarah berdirinya Tamansari Gua Sunyaragi memiliki dua versi yang pertama adalah menurut cerita para bangsawan Cirebon
atau keturunan keraton yang disampaikan secara turun-temurun.
–  Versi tersebut dikenal sebagai Carub Kanda.
–  Versi kedua merupakan versi Caruban Nagari
yaitu berdasarkan buku Purwaka Caruban Nagari yang ditulis tangan oleh Pangeran Kararangen (Pangeran Arya Carbon) pada tahun 1720.
Versi inilah yang digunakan sebagai acuan bagi pemandu wisata

 

Gua Sunyaragi. Berdasarkan versi tersebut Gua Sunyaragi didirikan oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati
pada tahun 1703 Dan Kamipun Menjelaskan Serta menyediakan Guide Lokal yg akan menjelaskan Lebih Detail Supaya Kalian Lebih Memahami dan mengambil Momen foto atw kalian bisa pakai aplikasi Bumerang 🙂 .

tempat wisata gua sunyaragi cirebon
asyiknya tempat wisata sekalian berfoto bareng teman di gua sunyaragi cirebon

Gua Sunyaragi tidak hanya menarik dikunjungi, namun juga memiliki banyak mitos Loh.

 

Komplek Gua Sunyaragi sendiri cukup besar. Ada bagian tertentu yang dipercaya bisa membuat enteng jodoh sampai sulit jodoh.
Gua Sunyaragi atau juga disebut Taman Sari Gua Sunyaragi, merupakan tempat pertapaan sekaligus tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon dahulu kala. Gua Sunyaragi punya banyak mitos soal jodoh. Mitos jodoh pertama dapat Anda temukan di salah satu bagian Gua Peteng yang masih berada di komplek Gua Sunyaragi. Tepat di depan pintu masuk gua setelah melewati kolam, terdapat patung batu Perawan Sunti.

 

Apabila banyak objek sejarah yang bikin enteng jodoh, ini malah kebalikannya. Konon siapa pun yang memegang batu persebut, akan sulit jodoh. Apabila seandainya Anda tidak sengaja memegang patung batu Perawan Sunti, mungkin ada baiknya Anda ‘berobat’ ke Gua Kelanggengan yang berada tidak jauh dari pohon lengkeng yang sudah berumur ratusan tahun dan tinggal kulitnya saja.

 

Mitosnya, siapapun yang masuk ke Gua Kelanggengan akan enteng jodoh. Jika sudah punya jodoh, dipercaya akan langgeng terus cintanya sampai janur kuning melambai.

 

Tapi saat musim hujan seperti sekarang, ada beberapa bagian yg tergenang oleh air.
Uniknya, tepat di samping Gua Kelanggengan terdapat sesosok batu berbentuk manusia. Ternyata, batu tersebut mempunyai wujud garuda yang dililit ular. Maknanya, seorang pemimpin yang sudah berkuasa tidak boleh lupa akan tanggung jawabnya pada rakyat.

Gua Sunyaragi dibangun selama tiga periode, dan diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama di awal abad ke-18. Kini, Gua Sunyaragi lebih populer didatangi wisatawan yang ingin menyaksikan langsung keunikan sejarah Cirebon ini.
Jadi, apakah Anda ingin mencari jodoh atau tidak ingin mencari jodoh? Apapun keinginan Anda, Gua Sunyaragi di Cirebon tetap mempesona dan menarik untuk disinggahi.

Kamipun Menjelaskan Satu persatu dan menyusuri semua gua agar kalian tidak penasaran dan bisa mengambil momen yang mempunyai Sejarah dan bentuk yang unik.

 
Apakah Kalian Pernah mencoba Makanan Khas cirebon (Empal Gentong)

 

Empal Gentoh Makanan Khas Cirebon.  H.Apud Yang Sudah Ternama Di kalangan wisatawan Biasanya Kami selalu membawa Traveler yang gemar menikmati Kuliner Setiap Daerh Dan Kalian pun bisa menikmati Serta bersantai sambil menikmati. Apa kalian Tidak penasaran Dan mau mencoba nya …..

empal gentong h.apud
menikmati kuliner khas cirebon empal gentong di h.apud

 

Mau Tau Prosesnya ….

 

Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari, Kabupaten Cirebon.

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering giling. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong.

 

Lontong menurut orang Cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder.

Dan adapula Empal asem bercitarasa asam, dan terasa segar di mulut saat disantap. Rasa ini menjadi sangat pas dengan kuah empal yang hangat. Apalagi jika disantap siang hari, rasanya benar-benar lezat dan bikin ketagihan.

Karena ada campuran tomat dan blimbing wuluh itulah rasa empal ini jadi asam-asam segar sehingga disebut empal asem

Biasanya yang berkunjung kesini ada pula beberapa menu lain seperti Tahu gejrot dan EsDurian.

 

Adapula Loh kerupuk yang sangat has untuk menemani makan kalian mau tau kerupuk apa…..!

 

Kerupuk kulit beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek  adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

Maka semakin lengkap Nih makan kalian kalau sudah menikmatinya ,

Mau Coba Lagi Makanan Khas cirebon Nasi Jamblang yg bikin Terngiang di Lidah kalian.

 

Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon. Yang Sangat Diburu Oleh wisatawan yang hampir Belum tau dan penasatan
Sampai ada yg ketagihan Loh…
Sega jamblang alias nasi jamblang boleh disebut kuliner yang paling identik dengan Kota Cirebon. Tidak mengherankan, banyak orang yang bilang, rugi banget kalau jalan-jalan ke Kota Udang ini tanpa mencicipi nasi jamblang.

 

tempat makan nasi jamblang ibu nur
laris manis nasi jamblang bu nur, tempatnya asyik dan nyaman

 

Salah satu ciri khas yang sangat melekat pada Nasi Jamblang Cirebon adalah pembungkusnya yang menggunakan daun jati. Daun jati ternyata dapat membuat nasi lebih pulen dan tahan lama. Bagi yang baru pertama kali mencicipi nasi Jamblang, memang agak sedikit aneh melihat tekstur daun jati pada pembungkus nasi Jamblang, namun Anda jangan khawatir karena daun jati tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu dan tidak akan tercium aroma apapun dari daun jati.
Mengkonsumsi Nasi Jamblang akan lebih nikmat jika tidak menggunakan sendok dan garpu karena Anda akan semakin larut pada nuansa tradisional yang dihadirkan dari Nasi Jamblang.

Untuk lauk atau menu pelengkapnya, Anda bisa memilih berbagai varian menu pelengkap yang juga memiliki cita rasa yang khas, seperti sambal goreng merah (sambal ini cukup khas dan terasa agak manis), tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar, telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe serta tidak ketinggalan ‘blakutak’, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya
Makanya, mencari kedai yang menjual nasi jamblang di Cirebon juga sama gampangnya ketika Anda berburu gudeg di Yogyakarta. Penjual nasi berbungkus daun jati. hampir di tiap lokasi ramai di Cirebon, seperti pasar, alun-alun, bahkan pelabuhan.

Pas kami antar ke nasi jamblang ada konsumen kami yang ketagihan. Sampai pada saat Closing sampai minta di pesankan lagi untuk bekal di kereta karna masih terngiang di lidah.
Wisssssssss…………………………………….
Apa kalian belumpernah Dan Gak penasaran nih bagi para Penikmat Kuliner.
Nasi jamblang, lauknya empat puluh macam Loh

 

Berikut Ini Coffee untuk kalian para Traveling yg menikmati Paket 2D1N di malah hari.

Salah satu kedai kopi asli dari Cirebon.  yang Cirebon Kuliner patut dibanggakan adalah coffee shop Baraja Coffee.   Baraja Coffee berlokasi di jalan Tentara Pelajar, tepatnya di seberang Grage Mall dan Buka 24 jam. Tepatnya lagi di areal Hotel Tryas.

tempat ngopi 24 jam di cirebon
suasana tempat kopi di cirebon yang buka 24 jam baraja coffee

 

Walaupun tergolong baru, bagi masyarakat kota Cirebon, Baraja Coffee nampaknya sudah memiliki nama tersendiri, kelas tersendiri, dan juga style  tersendiri.  Buktinya para traveling sampai penasaran Request ke Baraja Coffe .
Tempatnya pun Cukup menarik dan membuat nyaman untuk para penikmat Coffee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *