Study Tour Cirebon SMP Wira Buana Bogor

Study Tour Cirebon SMP Wira Buana Bogor

Traveling Cirebon – Kamis, 17 November 2016 Cirebon kedatangan rombongan siswa-siswi dan Guru dari SMP Wira Buana Bogor bersama CLS Tour & Travel sebanyak 350 peserta. Mereka berkunjung ke Cirebon dalam rangka Study Tour untuk mempelajari sejarah dan budaya yang ada di Cirebon. Rombongan tour berangkat dari Bogor pukul 06.30 WIB menggunakan bus sebanyak 6 armada. Dan tepat pukul 11.00 WIB  tiba di RM. Empal Gentong Hj. Dian dan langsung disambut oleh Tim Traveling Cirebon selaku panitia yang ditunjuk oleh CLS Tour & Travel untuk mengawal perjalanan Study Tour ini. Para siswa dan guru terlihat sangat menikmati Empal Gentong yang telah di sediakan RM. Hj. Dian.

Selesai makan, rombongan bertolak menuju Keraton Kasepuhan. Kebetulan saat itu di komplek Keraton Kasepuhan sedang ada Pasar Tahunan, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Di Keraton Kasepuhan para siswa diberi materi tentang sejarah dan budaya yang ada di Keraton Kasepuhan oleh para Pemandu Wisata yang ada disana, tidak lupa pula menyempatan diri untuk foto bersama.

Cukup puas mengelilingi komplek Keraton Kasepuhan, lalu rombongan menuju Masjid Agung Sang Ciptarasa untuk melaksanakan sholat Dhuhur. Terlihat banyak para siswa dan guru yang penasaran dengan masjid yang dibangun oleh Para Wali tersebut.

Selesai sholat lalu rombongan kembali ke bus masing-masing, tujuan selanjutnya adalah Toko Oleh-oleh Khas Cirebon. Di Toko oleh-oleh rombongan hanya diberi waktu 20 menit mengingat jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB. Setelah belanja oleh-oleh, lalu rombongan menuju Sanggar Batik Trusmi.

Setiba disana rombongan langsung disambut oleh tarian khas Cirebon yaitu tari topeng, di Sanggar Batik para siswa diberi kesempatan untuk belajar membatik. Sebelum proses belajar membatik para siswa sempat diberi kuliah singkat tentang kewirausahaan oleh Ceo Trusmi Group Bapak Ibnu Riyanto, beliau adalah pengusaha sukses dan mendapat rekor MURI sebagai pemilik toko batik terbesar dan terluas pada usia termuda.

Selesai belajar membatik, para peserta tour dipersilahkan untuk menikmati Nasi Jamblang di Batik Kitchen. Nasi Jamblang merupakan makanan khas yang menjadi andalan Kota Cirebon. Setelah itu saatnya untuk berbelanja, para siswa dan guru tersebar di Toko Batik Trusmi untuk berburu batik.

Tepat pukul 17.30 WIB rombongan tour berkumpul di halaman parkir bus dan bersiap-siap untuk pulang kembali ke Bogor. Akhirnya selesai juga acara Study Tour ini, semoga bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan khususnya bagi para siswa. Alhamdulillah perjalanan Study Tour ini berjalan dengan lancar, kami Atas Nama Tim Traveling Cirebon mengucapkan terima kasih kepada Rombongan SMP Wira Buana, CLS Tour & Travel, Sanggar Batik Trusmi, Keraton Kasepuhan, RM. Empal Gentong Hj. Dian dan semua Pihak yang turut membantu terselenggaranya acara tersebut, yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Sekian dan semoga kita bisa berjumpa kembali.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *