Situs Sanghiang, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Situs Sanghiang. Dari namanya, kita bisa menerjemahkan secara bebas bahwa situs ini berarti Situs Sang Dewa yang di ambil dari kata Sang dan Hiang atau Hyang yang artinya Dewa. Situs ini terletak di desa yang bernama nyaris sama, yaitu Desa Sagarahiang. Situs ini kono telah berumur ribuan tahun, ada yang mengatakan lebih dari 5000 tahun. Apa fungsi dari situs ini pun masih belum secara jelas diketahui pasti untuk apa. Namun ada salah satu sumber yang mengatakan bahwa situs ini adalah sebagai tempat pemujaan dewa para leluhur. Ada pula yang mengatakan bahwa tempat ini sebagai petilasan. Tapi yang paling kontrofersial atau lebih tepatnya teori versi yang tidak mainstream ialah bahwa tempat ini bukan berusia ribuan tahun, tapi mungkin bisa berusia jutaan tahun.

Yang tampak dari situs ini adalah batuan berwarna hitam yang tampak berserakan. Namun jika dilihat, situs ini ada kemiripan dengan Gunung Padrang di Cianjur yang kini sedang diteliti oleh para ilmuan dan ditemukan fakta bahwa batuan disini telah berusia jutaan tahun. Mungkin hal inilah yang menimbulkan munculnya teori bahwa di Situs Sanghiang juga berumur jutaan tahun. Untuk mengunjungi tempat ini, kita bisa menuju desa Sagarahiang kecamatan Darma kabupaten Kuningan. Lalu pengunjung cukup bertanya ke warga sekitar tentang Situs Sanghiang. Biasanya warka setempat akan mengantarkan pengunjung kesana dengan beberapa pilihan rute.

Untuk menuju lokasi, bisa susur sungai untuk melihat beberapa curug atau air terjun yang berada di sekitar kawasan. Atau bisa langsung meminta langsung menuju lokasi Situs Sanghiang. Kami sarankan bagi Traveler yang ingin mengunjungi tempat ini harus membawa perbekalan yang cukup, terutama air minum. Karena untuk sampai ke lokasi perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan gambar-gambar disana. Selain bisa mendapatkan gambar-gambar unik yang ada di Situs Sanghiang, kita juga bisa mengambil gambar atau menikmati pemandangan Waduk Darma dari kejauhan yang nampak sangat indah.

Menurut pengelola, beberapa turis asing pun pernah beberapa kali mendatangi Situs Sanghiang. Tentunya tujuan utama mereka adalah untuk meneliti Situs Sanghiang. Karena memang masih minim informasi arkeologi dari situs ini sehingga situs ini masih menjadi misteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *