Pemandangan Terbaik Di Kawasan Bukit Lambosir

“Yang tak kalah indah ialah pemandangan ketika sunrise atau matahari terbit. Kita bisa melihat dari kejauhan Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah dengan dihiasi cahaya jingga dari matahari.”

Bukit Lambosir. Terik matahari akan menyambut traveler jika menyambangi kawasan ini pada siang hari. Kenapa? Karena di area ini nyaris tidak ditumbuhi pepohonan yang tinggi menjulang. Yang ada hanya pohon-pohon perdu atau rumpu gajah atau ilalang-ilalang yang bisa kita lihat di sekitaran sini. Namun tetap saja jika kita telah sampai di lokasi utama Bukit ini kita akan merasakan udara bersih yang sejuk ditambah sepoy-sepoy angin dari arah gunung Ciremai. Bukit Lambosir sebetulnya kuranf tepat jika disebut sebagai bukit. Karena titik ini merupakan bagian dari Gunung Ciremai tepatnya titik ini adalah Kaki gunung Ciremai. Dari tempat ini kita bisa dengan jelas tanpa terhalang apapun Gunung Ciremai yang Gagah Berdiri menghadap kea rah timur.

Penampakan pada Gunung Ciremai terdapat sebuah dataran miring yang ditumbuhi oleh sabana-sabana yang jika dilihat dati jauh atau dari Lambosir mirip seperti jalur Ular. Jika kita menghadap ke arah timur atau timur laut, maka di ujung pandangan kita akan melihat garis pantai Cirebon yang dapat terlihat jika cuaca sedang cerah. Kita bisa melihat pemandangan dari PLTB Cirebon sampai bibir pantai yang mungkin sudah termasuk kabupaten Indramayu. Lalu akan terliha kapal-kapal besar yang Nampak kecil dari kejauhan seolah tidak bergerak sama sekali. Keindahan di Lambosir bisa kita rasakan ketika malam hari. Pemandangan lampu kota dari Kuningan sampai Indramayu bisa terlihat sangat indah dari titik ini.

Tak peduli apakah itu waktu Purnama atau sedang tanggal awal dan akhir bulan penanggalan Hijriyah atau jawa. Selama cuaca cerah pemandangan malam disini sangat indah. Tentu bagi yang ingin berkemah disini harus membawa peralatan kemah yang cukup memadai karena jika malam suhu di Lambosir ini bisa cukup dingin apalagi menuju ke dini hari. Yang tak kalah indah ialah pemandangan ketika sunrise atau matahari terbit. Kita bisa melihat dari kejauhan Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah dengan dihiasi cahaya jingga dari matahari. Selain itu kita juga bisa melakukan hiking disekitar area Lambosir tapi hati-hati jangan terlalu jauh jika anda belum menguasai daerah ini.

Sebetulnya Lambosir awalnya adalah program konservasi yang di kelola oleh JICA (Japan International Coorporation Agency) bekerjasama dengan Yamaha Forest. Namun karena kontrak kelola dengan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) habis maka JICA dan Yamaha Forest sekarang sudah tidak mengelola kawansan ini. Sekarang kawasan ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan bimbingan dari TNGC agar di kawasan ini tetap dilakukan konservasi walaupun sekarang dibuka menjadi tempat wisata. Semoga ditempat ini tetap mengedepankan konservasi lingkungan disbanding wisatanya itu sendiri karena kawasan ini sebenarnya masuk kedalam Zona Konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *