Keindahan dan Kemisteriusan Waduk Darma

Waduk Darma. Misteri yang menyelimuti Waduk Darma hingga kini tidak menyurutkan antusias wisatawan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Konon katanya dahulu Waduk Darma sengaja dibuat untuk arena bermain Pangeran Gencay putra dari Mbah Satori atau Mbah Dalem Cageur. Mbah Satori mebuatkan perahu yang terbuat dari kayu jati untuk Pangeran Gencay bermain bersama kawannya atau pengasuhnya di waduk bahkan terkadang hingga larut malam. Hingga pada suatu ketika terjadi kecelakaan menimpa perahu yang dinaiki oleh Pangeran Gencay dan pengasuhnya yang mengakibatkan mereka hilang tenggelam. Mbah Satori memerintahkan prajuritnya untuk menjebol waduk demi menemukan anaknya. Setelah berhasil ditemukan, Mbah Satori memerintahkan agar waduk itu jangan diisi air lagi. Namun entah kenapa sekarang Waduk Darma kembali diairi.

Begitulah sekelumit kisah yang berada dibalik keindahan Waduk Darma. Waduk Darma adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan. Waduk Darma memiliki luas ± 425 Ha dengan kapasitas penampungan air maksimal mencapai ± 39 juta m3. Waduk darma dikelilingi oleh perbukitan dan lembah yang menambah keindahan panorama Waduk Darma. Iklim di Waduk Darma termasuk dalam kategori sejuk.  Waduk Darma seperti waduk lainnya di Indonesia memiliki fungsi utama sebagai penampung air, irigasi atau pengairan dan bidang perikanan. Terdapat tambak-tambak ikan yang dimiliki oleh warga sekitar waduk. Selain berfungsi sebagai pengairan dan perikanan, tentu saja Waduk Darma juga berfungsi sebagai tempat Wisata yang mengasyikkan.

Pemandangan perbukitan disekitar waduk dan pemandangan Gunung Ciremai membuat Waduk Darma ini semakin istimewa. Waduk Darma juga mempunyai beberapa fasilitas bagi traveler yang ingin berkemah di area Waduk Darma, disini tersedia Camping Ground. Atau bagi yang ingin menginap tapi tidak mau repot bisa menyewa Cotage atau Vila yang tersedia. Selain itu disini juga terdapat arena bermain untuk keluarga. Bagi yang senang dengan sedikit tantangan disini tersedia Flying Fox. Bagi yang ingin menikmati wisata air Waduk Darma pun disini tersedia perahu wisata yang siap melanyani pengunjung. Ada juga wahana rekreasi darat seperti kereta naga dan kereta motor. Jangan takut bagi yang datang ke tempat ini lalu ingin berenang, karena disini tersedia kolam renang anak.

Fasilitas penunjang lain seperti tempat Ibadah, sarana Kesehatan, sarana olahraga dan panggung serbaguna tersedia disini. Bahkan untuk hal sepele tapi sangat penting seperti Toilet tersedia. Lengkap sudah fasilitas yang disediakan di Waduk darma ini. Jadi bagi Traveler yang ingin mengunji tempat ini tak perlu khawatir karena fasilitas di tempat ini cukup lengkap sehingga kegiatan Traveling kita jadi nyaman. Ada yang ketinggalan, jika ingin menikmati Waduk Darma dengan suasana yang lebuh Wah, silakan datang kesini ketika sore hari atau Senja, suasana senja disini sangat indah. Nah tunggu apalagi, selamat berlibur Traveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *