Di Gedung Perundingan Linggarjati, Bisa Belajar Sejarah Sambil Piknik

Gedung Perundingan Linggarjati. Gedung Perundingan Linggarjati merupakan saksi sejarah terlahirnya naskah perjanjian antara Pemerintahan Indonesia dan Belanda. Pada November tahun 1946, Pemerintah Indonesia melakukan perundingan dengan Belanda dengan ditengahi oleh delegasi dari Inggris. Delegasi dari Indonesia diketuai oleh Sutan Syahrir dan pihak Belanda oleh Pro. Schermerhorn. Dipilihnya Gedung Linggarjati sebagai tempat perundingan karena pada saat itu perjanjian tidak mungkin untuk dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta sebagai Ibu Kota Sementara, maka dari itu dipilihlah Gedung Linggarjati ini sebagai tempat Perundingan. Pada saat itu Gedung Linggarjati bernama Hotel Merdeka yang menjadi markas BKR setelah sebelumnya beberapa kali berganti nama dan fungsi.

Gedung Perundingan Linggarjati memiliki luas 24.500 m2 dengan luas bangunan seluas 18.000 m2. Hingga kini gedung ini masih terawat dengan baik. Gedung ini telah di resmikan menjadi Cagar Budaya dan Objek Wisata Sejarah oleh Pemerintah pada tahun 1976 setelah sebelumnya terlebih dahulu dipugar. Setelah dipugar, semua desain dan interior yang ada di Gedung dibuat semirip mungkin menyesuaikan dengan situasi saat perundingan berlangsung. Untuk mengunjungi Gedung Linggarjati ini baik dari arah Cirebon maupun Kuningan, jalan yang dilewati masih relatif nyaman untuk dilalui. Jarak tempuh dari Cirebon ±27 Km sedangkan dari Kuningan 15 Km. Selain sebagai wisata Sejarah, tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai menikmati liburan ala piknik. Karena Gedung Naskah Linggarjati memiliki taman yang luas dan rindang sehingga membuat suasana nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Pada hari-hari biasa, ada saja pengunjung yang datang ke tempat ini namun tidak begitu banyak. Tapi pada weekend biasanya jumlah pengunjung akan membludak dari hari biasa. Selain itu, halaman Gedung Perundingan Linggarjati ini sering dipakai oleh warga sekitar untuk berolahraga, terutama disore hari. Nah bagi traveler yang ingin bersantai atau piknik bersama keluarga tapi juga sambil mempelajari sejarah, apa salahnya untuk mendatangi Gedung Perundingan Linggarjati sebagai tujuan liburan anda bersama Keluarga. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *