Berendam Air Panas di Sangkanurip, Stress pun Hilang

Pemandian Air Panas Sangkanurip. Bukan hanya Jepang yang terkenal dengan pemandian Air Panasnya. Di Indonesia atau tepatnya di Kuningan Jawa Barat juga terdapat Pemandian Air Panas. Pemandian Air Panas ini berada di desa Sangkanurip kecamatan Cigandamekar Kuningan. Pemandian Air Panas ini merupakan sumber air panas alami yang mempunyai suhu air sekitar 360 Celcius. Ditambah air di pemandian ini memiliki kadar yodium yang sangat tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi penderita rematik. Selain kaya akan Yodium, di Pemandian Air Panas ini juga kaya akan mineral dan mikro organisme baik di kolam tertutup maupun kolam terbuka.

Sumber air panas yang keluar di area ini disebabkan karena daerah ini berada di bawah Gunung Ciremai. Sehingga memungkinkan adanya aliran mata air bawah tanah yang terkena hawa panas jalur magma Gunung Ciremai. Selain sebagai Pemandian Air Panas, di area ini juga bisa dijumpai Hotel kelas melati sampai Hotel berbintang. Sehingga bagi yang berasal dari luar kota bisa menginap di salah satu hotel pilihan yang tersedia.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini tak hanya terbatas datang pada siang hari. Namun terkadang ada juga pengunjung yang justru datang pada malam hari. Alasannya mungkin karena ketika malam suasana yang ditimbulkan ketika berendam akan menghasilkan sensasi yang lebih nikmat. Udara kota Kuningan yang memang sejuk dan terkadang dingin di malam hari membuat aktivitas berendam di pemandian air panas ini tidak berhenti sebatas sampai siang hari. Ditambah di sekitar area yang memang terdapat hotel-hotel dan tempat hiburan malam memungkinkan tempat ini tetap buka meskipun sudah malam.

Untuk menuju tempat ini, Traveler bisa menempuh jarak sejauh ±25 Km dari kota Cirebon atau ±14 Km dari pusat kota Kuningan. Pemandian Air Panas ini berada di jalur utama  Cirebon – Kuningan sehingga memudahkan bagi Traveler yang ingin mengunjungi tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *