13 tempat wisata di cirebon yang terpopuler

Cirebon adalah kota besar baru di pantura yang memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada obyek yang sudah populer dan tersiar kabarnya hingga keluar negeri. Letak kota yang strategis dan memiliki pelabuhan laut membuat wilayah ini cukup ramai dikunjungi oleh pendatang baik bertujuan bisnis maupun liburan. Bukti bahwa kota Cirebon cukup mudah diakses yaitu dengan keberadaan stasiun kereta baik dari wilayah ibukota Jakarta menuju Semarang dan Jogja selalu singgah di kota ini. Begitu pula dengan transportasi kereta dari regional Bandung menuju Jawa tengah hingga ke timur juga melalui kota ini. Apalagi untuk sarana transportasi darat. Jadi tidak ada alasan bagi wisatawan kesulitan alat angkut jika ingin melihat tempat menarik di sini. Anda Bisa Juga  Memakai Layaan Sewa Mobil di Cirebon 

Sebagai kota utama ketiga di Jawa Barat, setelah Bandung, Bekasi, perkembangan pariwisata di wilayah Cirebon juga merupakan bagian keunggulan kota. Adapun 12 obyek populer di sini adalah:

  1. Ade Irma Suryani Waterland
Sumber : Wisataadeirma.blogspot.com
Sumber : Wisataadeirma.blogspot.com

Tempat wisata terbaru di wilayah Cirebon ini diresmikan soft opening-nya pada tanggal 1 Juli 2015 kemaren. Dan saat ini ada 3 dari 4 waterboom yang direncanakan sudah dapat digunakan. Sedangkan cottage yang sudah bisa dipesan oleh pengunjung sebanyak 18 cottages dari rencana pembangunan sebanyak 40 buah. Adapun lokasi Waterboom Ade Irma Suryani ini berada di jalan Diponegoro, di seberang Bank Indonesia. Jika anda datang dari stasiun kereta Prujakan dan Kejaksan, maka waktu tempuh hanya 10 menit atau sekitar 2 KM saja. Tiket masuk saat soft opening ini berkisar Rp. 50.000 – Rp. 75.000 (tergantung hari kedatangan).

  1. Telaga Remis

Talaga-Remis-detikcom

Sebuah danau indah di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Anda akan kagum dengan keindahan tempat wisata yang sejuk dengan air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas. Di sini terdapat remis (kerang air tawar) yang lezat dan mengandung protein tinggi. Pada sisi telaga yang berbatasan dengan hutan, sering dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding yang memikat. Jika anda membaca artikel kami sebelumnya khususnya di hutan Bedugul, maka hasil foto yang mirip juga bisa diperoleh di sekitar telaga Remis ini.

  1. Pantai Kejawanan
Sumber : Iewenk photos.com
Sumber : Iewenk photos.com

Obyek wisata yang ditata apik walau terkesan sederhana ini sering didatangi masyarakat menjelang sore hari. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan Waterland Cirebon, yaitu Ade Irma Suryani. Biasanya pengunjung menyewa perahu karet yang tersedia di wilayah ini dengan tarif Rp. 20.000. Jika anda ingin melepas penat sambil merasakan desiran angin pantai yang lembut menerpa wajah, ntai Kejawanan adalah salah satu tempat yang direkomendasikan.

  1. Bukit Gronggong
Bukit-Gronggong
Sumber : Klapamanis.com

Lokasinya berada di tengah jalur antara Cirebon dengan  Kuningan. Tempat wisata romantis bagi kalangan muda ini sering dikunjungi di sore hari menjelang malam demi melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas bukit. Anda hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2000,- saja dan silakan membeli makanan yang tersedia di resto-resto yang tersedia.

  1. Situ Sedong
Sumber : Kurniawaniadi.blogspot.com
Sumber : Kurniawaniadi.blogspot.com

Berupa danau buatan (waduk) yang cukup indah sebagai lokasi liburan, terutama jika anda hobi memancing dan fotografi panorama. Jaraknya dari pusat kota Cirebon sekitar 26 KM. Sehingga menjelang sore, banyak fotografer yang menanti sunset di sekitar danau ini. Sebenarnya tempat wisata ini tidak terlalu luas. Anda jangan membayangkan Situ Sedong memiliki akomodasi memadai seperti halnya yang ada disitu Cileunca Pangalengan. Obyek ini masih sangat alami dan pihak pemerintah setempat berharap ada investor yang berperan membangun kawasan Situ Sedong ini.

  1. Keraton Kasepuhan
Sumber : Aselacinda.com
Sumber : Aselacinda.com

Tempat wisata bersejarah yang lengkap dengan isi museum yang sangat menarik ini merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan Cirebon. Obyek ini sangat bersih dan terawat dan selalu menjadi tempat kunjungan favorite terutama pada tanggal 1 syawal. Karena saat itu, kereta kencana Singa Barong dimandikan (konon merupakan kereta milik sunan Gunung Jati). Jika anda ingin berlibur ke Keraton Kasepuhan, silakan beli tiket masuk secara online karena lebih murah. Harganya hanya Rp. 15.000 per orang.

  1. Keraton Kanoman
Sumber : Arifph80.wordpress.com
Sumber : Arifph80.wordpress.com

Dulu obyek ini digunakan sebagai tempat kediaman wakil sultan. Lokasinya berada di jalan Winaon, kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon. Di keraton yang berdiri di atas tanah seluas 6 hektar ini, masih tersimpan barang-barang bersejarah, termasuk diantaranya dua kereta kencana yang cukup populer yaitu kereta Paksi Naga Liman dan Jempana. Tiket masuk ke keraton ini lebih murah dari keraton Kasepuhan.

  1. Kampung Batik Trusmi
Sumber : Blogebatiktrusmi.blogspot.com
Sumber : Blogebatiktrusmi.blogspot.com

Kawasan wisata belanja grosir batik paling populer di Cirebon ini menjelang lebaran sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Membeli oleh-oleh batik di desa Trusmi yang terletak di jalan utama pantura (Plered) ini seolah menjadi kewajiban bagi pemudik sebelum memasuki jalan tol Cipali. Konon karena keindahan dan kualitas batiknya cukujp bagus, produksi dari desa ini di ekspor ke berbagai negara di dunia. Pastikan anda kunjungi kampung Trusmi untuk berburu batik berkualitas.

  1. Makam Sunan Gunung Jati
Sumber : Akucintanusantaraku.blogspot.com
Sumber : Akucintanusantaraku.blogspot.com

Wisata rohani dan religius ini masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat setempat dan bahkan oleh wisatawan dari luar kota Cirebon. Lokasinya terletak di jalan raya Sunan Gunung Jati, tidak jauh dari pusat kota. Makam ini tersusun atas sembilan tingkat dan memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik, kombinasi budaya Jawa, Arab dan China (terlihat pada hiasan keramik). Pada hari-hari khusus, makam ini sangat ramai dikunjungi oleh peziarah.

  1. Gua Sunyaragi
Sumber : Wodowaido.com
Sumber : Wodowaido.com

Tempat wisata yang juga dikenal sebagai Taman Sari ini merupakan lokasi bertapa keluarga sultan. Letaknya di jalan by pass Brigjen Dharsono, kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Memang tempat ini tidak terlalu ramai bahkan bisa dikatakan sunyi seperti arti dari namanya. Tetapi bagi warga yang ingin menikmati kesendirian smbil bertapa, sudah pasti Taman Sari Sunyaragi adalah tempat yang cocok.

  1. Masjid Agung Cirebon
Masjid-Agung-Sang-Ciptarasa
Sumber : Disparbud Jabar

Letaknya di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Tempat ini memiliki nama yang cukup indah yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan merupakan bangunan ibadah tertua di Cirebon. Wisatawan yang hadir ke sini tentu saja untuk beribadah, dan setelah itu, biasanya mereka suka mengambil gambar (fotografi) karena keindahan arsitektur pada bangunan masjid.

  1. Pemandian Cibulan

Pemandian-Cibulan

Tempat rekreasi keluarga yang sangat nyaman ini terletak di wilayah Kuningan  atau sekitar 28 km dari pusat kota Cirebon. Wisatawan yang datang dapat berenang di dua kolam yang tersedia dan ditemani ikan Dewa (Kancra Bodas). Sungguh menarik, bukan? Liburan bersama anak-anak sangat tepat dilakukan di sini, dan lihatlah keceriaan mereka bermain bersama ikan yang jinak. Selain kolam rendam, kawasan tempat wisata Cibulan juga dikenal dengan keberadaan 7 sumur keramat (kolam kecil) di sekitarnya.

13. Waduk Darma

Waduk-Darma
Sumber : Fathihakatsuki.blogspot.com

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon . Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Apalagi diwaktu senja hari di Waduk Darma pemandangannya sangat indah. Fasilitas yang tersedia : • Areal kemping • Kolam Renang Anak-anak • Perahu Motor • Cottage, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *